Jumat, 01 November 2019

0 6 Jenis Penyakit yang Rentan Menyerang Saat Musim Kemarau Panjang

Penyakit yang Rentan Menyerang Saat Musim Kemarau Panjang

Di tengah cuaca panas atau musim kemarau seperti sekarang ini memang suhu menjadi lebih panas, ditambah juga dengan cuaca yang sedikit berdebu, sehingga rentan sekali menyebabkan beragam jenis penyakit. Tidak heran jika seandainya Anda juga akan lebih mudah sakit karena pengaruh cuaca seperti sekarang ini. Apalagi jika dilihat dalam waktu beberapa hari terakhir ini suhu atau panas matahari berada di titik tertinggi, sehingga mungkin banyak juga diantara Anda yang merasakan kondisi kurang nyaman. Gejala-gejala penyakit juga sudah mulai terasa, namun jangan khawatir Anda bisa menemukan solusinya dengan tanya dokter secara online.

Kini memang masyarakat diberikan kemudahan jika seandainya ingin melakukan konsultasi atau chat langsung dengan tenaga medis, karena dapat dilakukan secara online. Di kala cuaca tidak bersahabat seperti sekarang ini ada baiknya bagi Anda menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit, mulai diantaranya adalah rajin berolahraga, ditambah pula dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Sehingga tidak terkena penyakit musiman saat kemarau, seperti diantaranya adalah:
  1. Dehidrasi, bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya musim kemarau panjang atau cuaca panas ini akan membuat seseorang lebih rentan mengalami dehidrasi, karena cairan yang dikeluarkan oleh tubuh untuk menjaga suhu tetap dalam kondisi yang stabil lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya, sehingga jika seandainya tidak ditunjang dengan kecukupan cairan tentu akan lebih mudah mengalami dehidrasi. Alangkah baiknya minum air putih dalam jumlah yang cukup, minimal 8 gelas setiap hari, namun di musim kemarau seperti sekarang ini jumlahnya juga dapat ditingkatkan lebih banyak.
  2. Dermatitis atopik, yaitu sebuah penyakit kulit yang menyebabkan penderitanya mengalami kondisi seperti peradangan kulit, disertai dengan gatal, kering dan juga pecah-pecah. Biasanya dikenal juga sebagai penyakit kulit eksim. Hal ini rentan terjadi pada orang-orang yang memiliki kondisi kulit sensitif, sehingga di saat cuaca panas seperti sekarang ini kulit justru mengalami penipisan dan lebih mudah dimasuki oleh kuman.
  3. Diare, jangan salah karena nyatanya penyakit ini tak hanya rentan menyerang manusia ketika memasuki musim hujan saja, melainkan juga dalam kondisi cuaca panas dan kering seperti sekarang ini. Jadi makanan dan juga minuman lebih mudah terkontaminasi oleh beragam jenis bakteri dari udara yang berdebu tersebut. Untuk itu maka perhatikanlah asupan makanan Anda secara tepat, jangan jajan sembarangan, jaga kebersihannya.
  4. Tifus, penyakit tifus juga akan lebih mudah untuk menjangkiti manusia di saat udara panas atau cuaca kering, pencemarannya bisa terjadi karena lalat yang hingga di makanan Anda dan membawa bakteri penyebabnya yaitu Salmonella.
  5. Heatsroke, cuaca yang sangat panas juga sering kali menyebabkan seseorang mengalami heatsroke, kondisi yang butuh pertolongan pertama secara optimal, jika tidak ingin hal yang buruk nantinya terjadi. Karena jika tidak segera ditangani hal ini akan merusak fungsi organ-organ penting yang ada di dalam tubuh Anda, hingga menyebabkan kematian.
  6. ISPA, karena kondisi udara yang bercampur dengan partikel debu, maka banyak orang yang lebih mudah terserang ISPA, debu-debu ini nantinya akan mengiritasi bagian saluran pernapasan bagian atas. Berbahaya apalagi jika seandainya terjadi pada anak-anak.

Jadi waspadai, biasakan untuk menggunakan masker ketika Anda keluar rumah dan juga tabir surya di siang hari, sinar matahari yang sangat menyengat bisa saja merusak kulit. Segera tanya dokter jika Anda merasakan gejala-gejala penyakit tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dunia Informasi Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates