Selasa, 13 November 2018

0 Tips Cermat Memilih Kain Print

Tips Cermat Memilih Kain Print

Dulu kala, mencetak motif di atas kain perlu memakai teknik sablon ataupun cap, namun saat ini bisa dilakukan dengan memakai media komputer. Inilah yang disebut dengan print kain. Hasil dari teknik pengolahan kain ini juga lebih bagus, misalnya hasil desain yang lebih simetris dan rapi daripada memakai teknik yang lama. 

Cara Mudah Memilih Kain Print

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan memesan kain print. Misalnya ada hal yang membuat hasil cetakan menjadi tidak sebagus yang diinginkan. Ini bisa terjadi karena mesin cetak yang dipakai atau printer masih edisi yang lama sehingga hanya menyediakan warna-warna tertentu. Maka dari itu perlu untuk Anda sebelum memesan kain untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cara mudah untuk memilih kain print yang baik? Berikut ada beberapa tips yang bisa membantu Anda :

1. Membandingkan warna

Jika Anda akan mendesain kain sendiri, sebaiknya cek warna yang ada di komputer apakah sesuai dengan cetakan warna yang ada pada kain. Terkadang, akurasi warna yang ada di LCD dapat menipu. Lebih baik Anda mencetak kain dengan ukuran kecil terlebih dahulu untuk memastikan hasil warna yang dipakai.

2. Meneliti kain

Hasil dari print kain yang bermasalah bukan hanya karena masalah pada komputer namun bisa dikarenakan kain yang dipakai. Anda bisa memakai kan jenis polyester atau katun yang mempunyai keunggulan lebih tahan lama dan juga termasuk dalam jenis kain yang tidak mudah luntur. Anda bisa memakai kain spandek ataupun organdi yang bagus jika akan memakainya untuk busana gaun.

3. Mengecek mesin printer

Kemajuan teknologi membuat para pelaku usaha konveksi merasa sangat terbantu dalam menciptakan mesin produksi yang berkualitas dan bisa mendorong usaha percetakan, apalagi untuk yang memakai teknik print kain. Nah, untuk mencetak motif pada kain maka akan memakai mesin digital textile yang khusus untuk membuat kain print.

4. Cermati tinta yang dipakai

Memperhatikan tinta untuk teknik print kain ini sangatlah penting agar dapat menghasilkan kain print yang berkualitas. Jenis tinta yang biasa dipakai untuk kain printing ada yang berbasis latex dan tinta textile. 

Jika Anda memakai tinta textile, tentu saja warna yang akan didapatkan sangat menarik dan memukau, karena lebih aman dan tersertifikasi. Tinta latex memang biasa dipakai untuk kan tetapi cenderung dipakai dalam media lain yang lebih lentur misalnya kulit atau transign.

Demikian beberapa tips cermat dalam memilih kain print. Semoga bisa membantu Anda yang masih bingung cara memilihnya yang benar. Print kain saat ini memang sangat banyak digemari masyarakat. Apalagi saat ini juga sudah banyak jasa print kain terpercaya dan berkualitas, sehingga barang yang dihasilkanpun bagus dan tidak akan mengecewakan konsumen.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dunia Informasi Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates